Official Site

Smart Trading by Following The Smart Money

Konsisten di Saham, Yuk! Mulai Dari Sekarang!

Hi BBK-ers! Kita sering mendengarkan kata-kata “cuan konsisten” di saham. Topik ini memang menarik untuk dibahas karena cuan konsisten ini adalah impian para trader. Konsistensi performa di saham sendiri bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan equity dan compounding aset dari tahun ke tahun.  Sebenarnya apa sih maksudnya konsistensi di saham, dan bagaimana melakukannya? Di artikel kali ini tim BBK ingin mengupas lebih dalam mengenai konsistensi ini.

Ko Asunn, founder BBK

Menurut founder BBK, yang akrab dipanggil Ko Asunn, kesuksesan di saham itu dilihat dari konsistensi atau kestabilan seseorang dalam berinvestasi seiring waktu. Konsisten ini bukanlah sesuatu yang instan, tapi diperoleh dengan berbagai upaya seperti : peningkatan pengetahuan dan skill trading, memperbaiki karakter trader secara terus-menerus, dan mau belajar dari kesalahan.

“Berdasarkan pengalaman saya, salah satu kunci konsistensi itu adalah karakter dari trader tersebut. Karakter trader yang dewasa, mau mengakui kesalahan dan memperbaiki kesalahannya akan membuatnya konsisten dalam trading atau meraih profit secara konsisten. Terkadang ada trader yang manja dan minta di suapin dengan rekomendasi saham saja. Trader seperti ini biasanya suka menyalahkan orang lain dan tidak mau belajar dari kesalahan. Kalau karakternya seperti ini bagaimana mau cuan konsisten?” jelas Asunn.

Konsistensi ini adalah sebuah proses yang bertahap. Yang pertama rajin belajar adalah mutlak karena seiring bertambahnya pengetahuan, risiko akan turun, dan profit akan mengikuti. Kedua, ikuti sistem yang handal dan disiplin mengikutinya. Ketiga, buat timeframe untuk memberi waktu kepada diri kita untuk menerapkan sistim tersebut secara berulang-ulang. Timeframe yang dimaksud bisa 3-5 bulan, 1 tahun hingga 2 tahun pertama dalam trading menggunakan sistim yang sama.

“Kuncinya jangan lengah dan keep learning. Learning never ends. Dengan repetisi tinggi menggunakan sistim yang sama, seiring waktu psikologinya akan menyesuaikan. Awalnya mungkin penuh trial and error. Lama-lama terbiasa dengan sistim tersebut dan secara otomatis akan mampu memanfaatkan momentum di bursa saham untuk meraih profit,” jelas Asunn.

Sejalan dengan Asunn, salah satu mentor BBK, Alex Sukandar, Broker-Dealer Representative Investment dan Manager Representative berbagi mengenai konsistensi di saham.

Untuk Alex, saat ini sudah 6 bulan ia menjaga performa yang konsisten di dalam portofolio sahamnya.
“Konsisten adalah the hardest part of being a stock trader. Saya pribadi ingin asset saya berkembang. Dalam diskusi di Grup member BBK sering sekali founder BBK Ko Asunn berkata “never stop learning”.  Akhirnya secara tidak langsung itu memotivasi saya untuk terus upgrade diri, baik dari segi knowledge maupun dari segi konsistensi profit menggunakan BBK Trading Tools.”

Sistem BBK Trading Tools sebenarnya sangat mendukung tercapainya konsistensi dalam performa trading dan investasi karena sudah dilengkapi dengan bandarmology yang memungkinkan member memegang saham untuk jangka waktu yang cukup lama lebih dari 3 bulan.


Namun menurut Alex disiplin adalah hal utama yang paling sulit, karena yang dihadapi adalah diri sendiri, bukan orang lain. Tekad dan komitmen yang kuatlah yang pada akhirnya bisa mengatur ritme disiplin.

ilustrasi psikologi trader

Berbicara tentang bagaimana mengatasi psikologi yg turun naik Alex mengatakan dengan menambahnya knowledge (pengetahuan), otomatis memantapkan trading plan kita, sehingga apabila market diombang-ambing, psikologi kita tidak akan terpengaruh. Dengan psikologi yang mantap, kita akan konsisten menjalankan trading plan kita yang sudah kian matang. Inilah hasil dari knowledge dan disiplin.

Hal senada disampaikan oleh salah seorang premium member BBK yang bekerja sebagai karyawan swasta, Paul. Paul ingin mempunyai konsistensi dalam trading demi meraih financial freedom.

Cara Paul menjaga konsistensi ini dengan cara mentukan trading plan lalu melakukan jual/beli saham berdasarkan planning bukan berdasarkan emosi/perasaan. Paul menjaga konsistensi ini selama 2 bulan.
Paul punya cara tersendiri untuk mengatasi psikologi yg turun naik.


“Fear and greed jadi tantangan. Coba atasi psikologi yang turun naik ini dengan dengan melihat dari sudut pandang lebih besar. Ketika kita punya 18 saham yang terjaring dengan sistim BBK, lalu 1 saham kena Stoploss yang dalam, tentunya hal ini tidak berpengaruh terhadap porto kita. Porto tidak akan melorot terlalu dalam karena masih ada 17 lagi yang berpotensi memberikan profit yang lebih tinggi.” Paul merasa beruntung menggunakan sistim BBK yang dapat diandalkan di segala situasi. Sistim ini bisa memberikan rekomendasi saham hingga lebih dari 10 saham ketika cuaca IHSG sedang bagus. Rekomendasi saham yang terjaring dalam sistim BBK ini sudah menggabungkan bandarmologi dan teknikal analisis serta banyak indikator lainnya yang mengkonfirmasi potensi kenaikan saham.

So, selamat bertumbuh kembang, baik itu portofolio dan knowledge kalian semua 🙂

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2022 Official Site

Theme by Anders Norén