Official Site

Smart Trading by Following The Smart Money

BBK JOURNEY (3), Terciptalah BBK dan Cacingmology

Trial tools cikal bakal BBK yang dikirimkan ke sekitar 200 orang ternyata berhasil.

 Asunn semakin ingin mengembangkan tools ini lebih jauh lagi. Gayung pun bersambut. Asunn mempunyai seorang teman yang mempunyai kemampuan untuk membuat aplikasi android.”Ketika saya memberikan trial kepada 200 orang melalui yahoo milist sebenarnya saat itu saya menyempurnakan tools ini dengan menciptakan android broadcast. Lalu pinjamlah saya aplikasi ini dari teman saya. Saya bilang boleh nggak saya coba trial 12 orang teman saya,” kata Asunn.
Asunn memilih beberapa teman untuk mendapatkan BBK dalam bentuk android broadcast. Hingga beberapa teman berkomentar, kenapa hanya broadcast ke 12 orang ? Kenapa tidak broadcast  ke 200 orang?

“Mereka bilang rela membayar untuk mendapatkan android broadcast BBK. Dan memberikan ide kenapa nggak dibuka layanan berbayar? Saya bilang, kalau mereka bisa mendapatkan 200 orang saja, saya kan buatkan platform android,” ungkap Asunn.

Tak disangka, minat teman-teman Asunn untuk mendapatkan broadcast tersebut sangat besar. Tools tersebut bisa di pakai oleh teman-teman Asunn walau mereka menggunakan berbagai style trading. Minat mereka semakin besar sehingga ia meyakinkan diri untuk mencari programmer agar bisa membuat broadcast BBK lewat android yang menjangkau banyak orang. Akhirnya BBkpun membuka layanan umum.
Pada awalnya tools tersebut hanya memberikan chart dan list BBK atau list saham dengan akumulasi bandar yang tinggi dan BBD yaitu List Saham dengan distribusi bandar yang tinggi. Saham dalam list bbk ini saham yang akan terus di hold sampai keluar dari list itu. Sedangkan BBD saham yang harus dihindari. 

“Jadi BBK kalau disimpulkan secara simpel, mempunyai alat otomatis yang mencari saham-saham yang lagi uptren, disertai gerakan smart money atau bandar.”

Seiring waktu, Layanan BBK ini berkembang hingga mengakomodasi “chart cacing” atau dikenal dengan Rotasi Saham saat itu. Rotasi saham diciptakan oleh Untung Kurniawan.
 “Awalnya dulu namanya rotasi saham yaitu chart yang bentuknya mirip cacing.  Nama Foundernya Untung Kurniawan, panggilannya UK. Dulu rotasi saham ini hanya menggunakan teknologi basic lalu saya upgrade teknologinya agar lebih bisa menjangkau banyak orang. Eh tak disangka, kemudian UK mengajak saya menjadi owner,” ungkap Asunn.

Di tahun 2014 Asunn mengembangkan cacingmology bersama Untung Kurniawan.  Sebagai founder dan co owner Rotasi Saham, akhirnya Asunn memberikan nama baru untuk chart ini yaitu Cacingmology. Lalu untuk memperkenalkannya kepada dunia saham, Cacingmology dimasukkan ke dalam layanan BBK. 
“Sejalannya waktu, orang melihat BBK ini sudah satu paket dengan Cacingmology, sehingga chart ini akhirnya menjadi salah satu keunikan BBK dibandingkan tools lainnya sekaligus keunggulan BBK,” jelas Asunn. 

Asunn mengenang dulu sempat ada pro kontra dengan cacingmology karena bentuknya mirip RRGyaitu suatu indikator gabungan untuk mengukur performa relatif dan momentum performa relatif. Namun kemudian trader akhirnya memahami bahwa cacing ini berbeda dengan RRG. Lagipula, Cacingmology memiliki rumus yang berbeda dibandingkan RRG. 
“4 kuadran ini sebenarnya sudah ada dari jaman dulu dalam matematika. Kami sudah ketemu foundernya RRG, dia bilang rumus saya berbeda dengan rumus dia. Keunikan cacingmology ini, bisa melacak sektoral yang momentumnya sedang naik.”
Asunn menjelaskan analogi cacingmology seperti ini. Chart cacing ini adalah kompas kita. Ibaratnya Cacingmology adalah GPS untuk memancing. Bila di timur laut banyak ikan pedang maka bisa melacak ikan tersebut di daerah ini. Dan tentu hasilnya akan menemukan ikan yang lebih banyak sehingga chance mendapat keuntungan dari ikan tersebut  lebih tinggi. Cacingmology bisa membantu kita membuat strategi money menagement. Ada kondisi di saat saham menguat kita akan menambahkan dana ke dalam saham tersebut, dan sebaliknya, mengurangi jumlah dana jika momentumnya sedang turun. 
BBK kini semakin berkembang. Selain chart dan list saham yang bisa diakses dalam bentuk bot telegram, BBK juga memberikan bot fundamental untuk penggunanya. 
“Komplit sudah paket BBK. Dari list saham uptren, akum bandar, momentum saham, bahkan bot fundamental saham semuanya ada disini. Trader seperti mendapatkan paket hemat yang sangat berkualitas.” ujar Asunn mengakhiri ceritanya tentang bagaimana ia menciptakan BBK. Ia telah menguji tools ini, dan terbukti dalam trading Asunn, BBK telah menjadi sebuah tools yang dapat diandalkan saat market bearish maupun market bullish.

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2022 Official Site

Theme by Anders Norén